Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Selasa, April 14, 2015

TIM PPDB MANPABA SAMBANGI SMPN 1 PLUS BANYUASIN III

Do you want to share?

Do you like this story?

Pangkalan Balai, Inmas.
Tim Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Pangkalan Balai (manpaba) tahun 2015, mulai hari ini Selasa (7/4) hingga Rabu (8/4), melakukan sosialisasi di beberapa sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) sederajat di beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Sebanyak 9 orang guru dan staf mendatangi sekolah-sekolah tujuan untuk mempublikasikan informasi seputar penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Bumi Sedulang Setudung ini.
Diantara sekolah yang menjadi target kunjungan antara lain SMPN 1 Plus Banyuasin III, SMPN 2 Banyuasin III, MTs Al-Mashri, MTs N Betung, SMPN 4 Banyuasin III, SMPN 1 Suak Tapeh, SMPN 2 Suak Tapeh, dan MTs Miftahul Ulum.
Ketua Panitia PPDB Manpaba Drs. Jahri, M. Si ketika dikonfirmasi mengenai sosialisasi PPDB mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB Manpaba dilaksanakan mulai tanggal 20 April hingga 8 Mei 2015. Waktu tersebut dibagi untuk dua jalur seleksi yakni Jalur Undangan dan Jalur Tes. Untuk Jalur Undangan waktu penerimaannya tanggal 20 hingga 25 April 2015, sedangkan pendaftaran Jalur Tes tanggal 20 April hingga 8 Mei 2015, jelasnya.
Untuk Seleksi Jalur Undangan, lanjut Jahri Manpaba mengadakan seleksi Jalur Undangan ini merupakan program penerimaan siswa baru tanpa tes tertulis, hanya mengikuti tes baca Al-Qur’an dan bacaan Sholat, serta wawancara siswa dan orang tua. Program ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah yaitu peringkat 1 sampai dengan 5 pada semester 1 hingga semester 5, tambahnya.
Sedang untuk Jalur Tes Tertulis, merupakan program penerimaan siswa baru dengan tes tertulis, tes baca Al-Qur’an  dan bacaan sholat, serta wawancara siswa dan orang tua. Program ini diperuntukkan bagi seluruh siswa lulusan SLTP sederajat. Untuk pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015, sedangkan pengumuman hasil tes tersebut tanggal 11 Mei 2015, tandasnya.
Mengenai persyaratan pendaftaran, tim sosialisasi PPDB Elyta Agustina, S. Pd ketika menyampaikan sosialisasi PPDB di SMPN 1 Banyuasin III mengatakan bahwa calon siswa baru dapat melakukan pendaftaran dengan membawa persyaratan yang diminta yakni datang bersama orang tua ke madrasah, mengisi formulir pendaftaran, mengumpulkan fotocopy raport, fotocopy kartu peserta UN 2014/2015, Pas foto ukuran 3x4 cm, dan mengumpulkan map kertas untuk laki-laki warba merah dan perempuan warna biru, jelasnya.

Lulusan Manpaba tidak hanya bisa menjadi seorang kiayi atau ulama’ namun juga mampu bersaing dengan lulusan tingkat SLTA sederajat, diantaranya diterima di perguruan tinggi negeri, diterima menjadi anggota TNI Polri, bekerja di instansi Pemerintah maupun swasta. “Anak madrasah pun bisa juga menjadi dokter, dan sekarang ada alumni manpaba yang sedang belajar di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta”, pungkasnya.(LS).