Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Selasa, April 05, 2011

SEJARAH BERDIRI

Do you want to share?

Do you like this story?

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkalan balai, sebelum berstatus Negeri mempumpunyai perjalanan yang cukup panjang dan unik, bermula dari Tahun Pelajaran 1983 / 1984. MA ini beroperasional dengan menempati ruangan yang dipinjam oleh Mesjid Jumhuriyah Pangkalan Balai, + 1 tahun kemudian mendapat pinjaman gedung bekas SD dan Kantor Marga Pangkalan Balai. Selama + 6 tahun MA ini berstatus kelas jauh / filial dari Sekayu dengan sebutan MAN Sekayu Filial Pangkalan Balai, dibawah pimpinan Drs. Sulaiman Jailani, selanjutnya karena status filial itu seolah tidak ada ujung pangkalnya.

Akhirnya Masyarakat Pangkalan Balai yang dimotori oleh Kepala Desa H. Zairin H. Zabidi bersama beberapa tokoh masyaarakat Pangkalan Balai dan Unsur Internal dari pihak MA sepakat merubah status MAN Sekayu Filial Pangkalan Balai berubah menjadi Madrasah Aliyah Miftahul Ulum ( MA – MU ) dibawah Yayasan Pendidikan Miftahul Ulum dan sebagai Kepala madrasahnya adalah Bapak Abdul Roni Ab, BA. Beliau memegang jabatan + 06 tahun. Kemudian digantikan oleh Bapak Drs. Alamuddin.

Setelah menjalankan tugas + 1,5 tahun pada masa Drs. Alamuddin inilah kemudian status Madrasah Aliyah Miftahul Ulum berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkalan Balai. Selama + 2.5 tahun MAN ini menempati gedung MA – MU (lama). Pada tahun 1999 mendapat bantuan bangunan Ruang Kegiatan Belajar (RKB) sebanyak 3 lokal yang dibangun di atas tanah wakaf dari Pemerintah Desa Pangkalan Balai seluas + 10.000 M2 (1.Ha).

Karena RKB yang baru itu tidak mencukupi maka selama + 2 tahun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung di dua tempat yaitu, gedung MA Miftahul Ulum dan gedung MA Pangkalan Balai. Sekitar Bulan November 2001 Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan secara penuh di gedung MAN Pangkalan Balai yang beralamatkan di Jalan KH. Sulaiman lingkungan IV Kelurahan Panagkalan Balai Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin.

Tokoh Perintis : H. Zairin H. Zabidi, Abdul Roni Ab, BA, M. Basirun Nasir, Hamdan H. Hasim, Drs. Winarno, Sulaiman Jailani, H. Nukman Siregar, Drs. Zulkifli, Drs. Alamuddin, A. Faruq Bakri, BA, Sudirman M. Ani

Tahun Berdiri : 1997

Status Tanah : Wakaf dari Pemerintahan Desa Pangkalan Balai

Letak Grafis : Dari Jalan Palembang – Jambi +1.5 Km yang dapat ditempuh dengan mempergunakan kendaraan umum dengan memakan waktu + 5 menit.

Berdasarkan tata ruang Kota Kab. Banyuasin MAN Pangkalan Balai hanya berjarak + 100 m dari Jalan lingkar Kabupaten. Terletak pada kawasan atau kompleks pendidikan, dimana sudah beroperasi SMA plus 2 dan SD percontohan Banyuasin.

Bangunan Awal : 3 Ruang Kegiatan Belajar Mengajar (RKB) yang dibangun Pemerintah.

Kepala Madrasah tahun / priode pertama : DRS. ALAMUDDIN

Jumlah guru, pegawai, dan siswa tahun / periode pertama :

a. Jumlah Guru : 18 guru honor

b. Jumlah Pegawai : 2 orang PNS dan 2 orang PTT

c. Jumlah Siswa : 166 siswa

Jumlah Siswa tahun / periode sekarang : 379 orang

Nama kepala Madrasah dari tahun pertama s/d sekarang

1. Juli 1995 s/d Oktober 2001 : DRS. ALAMUDDIN

2. Oktober 2001 s/d Desember 2003 : DRS. SYARFAWI SARPAN

3. Desember 2003 s/d Februari 2009 : DRS. RISMAWATI

4. Februari 2009 s/d sekarang : DRS. ALI HASYMI, MM