Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Selasa, April 14, 2015

SISWA MANPABA PANJANG POSTER GO GREEN MADRASAH

Do you want to share?

Do you like this story?

Pangkalan Balai, Inmas.
Kesadaran akan lingkungan madrasah yang bersih dan sehat ditunjukkan oleh siswa MAN Pangkalan Balai (mapaba) melalui lukisan poster membangun madrasah hijau atau “go green madrasah”, yang dipajang di kaca jendela ruang kelas sejak Sabtu (4/4) hingga hari ini Senin (6/4) terus bertambah. Lukisan – lukisan berukuran A3 yang mengkompanyekan gerakan membangun lingkungan yang bersih dan sehat ini, merupakan hasil karya dari tangan-tangan siswa manpaba.
Diantara beberapa lukisan yang dipajang siswa antara lain poster membuang sampah pada tempatnya, poster daerah bebas asap rokok, himbauan menanam pohon, gunakan produk ramah lingkungan, selamatkan bumi, hentikan pemanasan global, mengkonsumsi makanan sehat, dan green and clean school. Lukisan-lukisan tersebut merupakan ajang kompanye siswa pecinta lingkungan yang dibina oleh guru tim adiwiyata manpaba.
Salah satu guru pembina adiwiyata manpaba, Fahrudin, S. Pd. I mengatakan bahwa lukisan poster atau gambar yang menarik akan membuat orang yang melihat tertarik untuk melihat, kalau sudah melihat pasti membaca dan merenungi isi dari gambar tersebut, selanjutnya diharapkan siswa memaknai isi pesan poster tersebut, dan menerapkan pesan moral yang ada pada gambar itu, ujarnya.
Pemajangan lukisan ini, lanjutnya merupakan salah satu agenda kegiatan madrasah adiwiyata yakni membangun pola fikir siswa melalui pesan gambar peduli dengan lingkungan yang bersih dan sehat. Program ini kita namakan dengan poster lingkungan hidup. Poster ini bertujuan untuk mengajak agar turut serta menjaga dan mencintai lingkungan sekitar. Kalimat poster lingkungan hidup pun dibuat dengan kalimat-kalimat persuasif agar mudah untuk mengajak orang yang melihat poster tersebut”, tandasnya.
Sementara itu Kepala Manpaba Hazdi, S. Pd ketika memantau beberapa pajangan lukisan ini mengatakan bahwa Poster berbentuk lukisan go green dan lingkungan ini adalah poster yang isinya merupakan perpaduan antara kata-kata dan gambar yang bertemakan lingkungan yang bertujuan untuk memberikan informasi, menghimbau dan mengajak siswa untuk mencintai, menjaga dan melestarikan lingkungan. Sebenarnya gerakan go green dan cinta lingkungan ini bisa kita lakukan dengan cara-cara yang relatif sederhana seperti menanam pohon dipekarangan rumah, bersepeda ke kantor atau sekolah, menggunakan listrik secara wajar dan cara-cara simple lainnya”, ungkapnya.

“Kalau ditempat umum biasanya kita jumpai poster dari cetakan mesin, namun di manpaba kita membuat poster dari lukisan tangan siswa yang tergabung dalam kelompok siswa pecinta lingkungan. Poster lingkungan hidup ini nantinya akan diperbanyak dengan ukuran cukup besar yang akan dipajang di lokasi- lokasi yang dianggap startegis”, pungkasnya.(LS).