Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Selasa, April 14, 2015

MANPABA PROGRAMKAN KEGIATAN BERSIH LINGKUNGAN

Do you want to share?

Do you like this story?

Pangkalan Balai, Inmas.
Puluhan siswa laki-laki dari kelas XII IPA dan IPS MAN Pangkalan Balai (manpaba) bersama dewan guru, hari Sabtu (4/4) menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan disekitar Manpaba dan Jalan KH. Sulaiman Kelurahan Kedondong Raye. Diantara beberapa objek yang menjadi target kebersihan ini antara lain parit yang sudah tersumbat dengan membuat aliran air, rumput yang mengganggu pemandangan dan pejalan kaki, dan penambalan jalan yang mengalami kerusakan.
Kerja bakti yang dimulai pukul 07.30 WIB ini menggunakan alat seperti cangkul, sekop, parang, dan gerobak angkut. Siswa manpaba mulai melakukan pembersihan lokasi dari manpaba hingga kantor Lurah Kedondong Raye, mulai dari pembersihan parit yang tersumbat hingga pembersihan tanaman liar yang ada disekitar jalan lintas menuju Kabupaten Muara Enim.
Koordinator kerja bakti Drs. Jahri, M. Si ketika memantau pelaksanaan kegiatan ini mengatakan bahwa kondisi lingkungan disekitar madrasah memang sangat perlu mendapatkan perhatian kita semua, terutama kebersihan lingkungan. Sekarang ini curah hujan tinggi sehingga ada beberapa lokasi yang paritnya tersumbat, bisa saja oleh tanah maupun kerusakan dari parit itu sendiri, dan perlu dibersihkan agar aliran air lancar, ujarnya.
Dengan tingginya curah hujan bulan ini, lanjutnya rumput dan tanaman liar pun mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga di beberapa lokasi menyulitkan bagi pejalan kaki. Oleh karena itu rumput-rumput liar tersebut akan dipotong dan daunnya akan dikomposkan sebagai pupuk alami, tambahnya.

Kerja bakti ini sebelumnya memang rutin dilaksanakan di madrasah, namun hanya sebatas di dalam lingkungan madrasah. Oleh Karena itu kedepan manpaba memprogramkan kegiatan bersih lingkungan melalui program pengabdian kepada masyarakat. “Melalui kegiatan ini kita juga mengajak masyarakat di sekitar agar peduli dengan kebersihan lingkungan, dengan bersama-sama siswa turut serta dalam program kebersihan lingkungan ini”, tandasnya.(LS).