Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Kamis, Juli 17, 2014

PESANTREN RAMADHAN, MANPABA FOKUSKAN PENDALAMAN TAUHID DAN IBADAH

Do you want to share?

Do you like this story?



Pangkalan Balai, Inmas.
Menyemarakkan Ramadhan tahun ini, MAN Pangkalan Balai (manpaba) menggelar Pesantren Ramadhan yang dikemas dalam kegiatan Semarak Ramadhan 1435 (Seram). Kegiatan Pesantren Ramadhan ini berlangsung selama 3 hari yakni Selasa hingga Kamis (15-17/7) dengan lokasi dimasing-masing ruang kelas.
Kegiatan Pesantren Ramadhan ini, dikhususkan bagi siswa baru kelas X yang berjumlah 6 kelas sebanyak 201 orang siswa dengan system klasikal dan terpusat di Mushollah Ar-Rahman. Sedangkan materi yang diberikan lebih ditekankan kepada pendalaman Tauhid dan praktik Ibadah.
Diantara materi yang disampaikan kepada peserta Pesantren Ramadhan antara lain Fiqih Thoharoh, Praktek Thoharoh, Aqidah/Tauhid, Fiqih Sholat, Zakat, Haji, dan Puasa, serta praktik sholat Jenazah. Sedangkan untuk pengisi materi, diantaranya guru – guru mata pelajaran agama islam yang ada di manpaba, sebagaimana diungkapkan oleh Syaiful Fuad, S. Pd. I selaku ketua panitia kegiatan Seram 1435 H tahun ini.
Kepala Manpaba Hazdi, S. Pd menyatakan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini, mengingat sebagaimana instruksi dari Kepala Kantor Wilayah agar di bulan Ramadhan ini digunakan oleh madrasah untuk meningkatkan amal ibadah melalui kegiatan-kegiatan seperti Pesantren Ramadhan, lomba-lomba keagamaan, pelaksanaan ibadah mahdho dan ghoiru mahdho, ujarnya.
“Melalui kegiatan ini, diharapkan kita dapat membina peserta didik di madrasah ini menjadi insan yang beriman dan bertaqwa sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an pada perintah ibadah puasa Ramadhan,” pungkasnya.(LS).