Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Minggu, Juli 20, 2014

JADIKAN AL-QUR’AN TUNTUNAN DALAM HIDUP

Do you want to share?

Do you like this story?


Pangkalan Balai, Inmas.
Rangkaian kegiatan Semarak Ramadhan 1435 H (Seram) ditutup dengan peringatan Nuzul Qur’an yang dilaksanakan di Mushollah Ar-Rahman Kampus MAN Pangkalan Balai (manpaba) Sabtu (19/7) kemarin. Peringatan turunnya Al-Qur’an di bulan Suci Ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta pegawai manpaba.
Pada kesempatan ini Kepala Madrasah Hazdi, S. Pd ketika menyampaikan kata sambutannya dihadapan seluruh siswa dan guru menghimbau agar menyimak apa yang nantinya akan disampaikan oleh penceramah, agar menjadi pengetahuan yang dapat kita amalkan dan pada akhirnya akan membawa perubahan pada diri kita, ujarnya.
Hazdi juga mengajak seluruh siswa agar menjunjung tinggi Al-Qur’an, salah satunya melalui sikap kita ketika dibacakan Al-Qur’an hendaklah diam dan dengarkan agar kita memperoleh pahala dari Allah, sebaliknya jika kita berbicara ketika orang membaca Al-Qur’an itu sama artinya tidak menghormati Al-Qur’an, tambahnya.
“Marilah kita dengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh penceramah nantinya, semoga apa yang disampaikan dapat menjadi hikmah bagi kita untuk diamalkan”, tutupnya.
Penceramah pada peringatan nuzul qur’an Ustad Suhardi mengajak seluruh siswa untuk mencintai Al-Qur’an dimulai dari membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang menyia-nyiakan Al-Qur’an akan dibutakan oleh Allah di akhirat kelak.
Di bulan Ramadhan ini ujar Suhardi, Allah memberikan keagungan pada bulan ini diantaranya pertama Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan dan kedua pada bulan ini terdapat satu malam yang dikenal malam seribu bulan atau Lailatul Qodar.
Malam Lailatul Qodar ini nilainya ibadahnya sama dengan beribadah seribu bulan atau setara 83 tahun 4 bulan, oleh karena itu perbanyak amaliyah kita diakhir-akhir Ramadhan ini, tambahnya.
Diakhir ceramahnya Suhardi mengajak agar menjadikan Al-Qur’an sebagai tuntunan dalam hidup, dengan mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an mudah-mudahan kita menjadi generasi qur’ani.(LS).