Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Senin, September 09, 2013

KPPO MANPABA TETAPKAN M RIFQI KETUA OSIS TERPILIH MANPABA 2013/2014

Do you want to share?

Do you like this story?


Pangkalan Balai, Humas.
Komisi Pemilihan Pengurus OSIS (KPPO) MAN Pangkalan Balai (manpaba) selaku penyelenggara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS manpaba, telah menggelar proses pemungutan suara pada hari Sabtu (7/9) di kampus manpaba. Proses pemilihan ini, sangat mirip dengan pemilihan kepala daerah yang baru saja dilaksanakan.
Sebanyak 4 pasangan calon (paslon) yang resmi ditetapkan oleh KPPO untuk mengikuti pemilihan umum siswa ini, diantaranya padangan nomor urut 1 Febriadi – Hartono, pasangan nomor urut 2 Dennis – Lutfi, pasangan nomor ururt 3 Rifqi – Tri, dan pasangan nomor urut 4 Robi – Rema.
Proses pemungutan suara dilakukan langsung ditempat pemungutan suara (TPS) yang disediakan oleh KPPO, dimana siswa diberikan kesempatan untuk mencoblos perkelas. Tepat pukul 08.00 WIB panitia memulai proses pencoblosan dimulai dari kelas XII hingga kelas X.
Cara memberikan suara telah diatur oleh panitia, dimana setiap siswa diberikan kertas suara yang berisi nomor urut, foto, dan nama paslon. Pemilih hanya boleh menconteng salah satu paslon yang dipilih saja, dan tidak boleh lebih karena hal ini akan menyebabkan suara tidak sah. Selesai memberikan suara, pemilih diminta cap jempol pada tinta yang telah disesiakan tanda telah melakukan pemilihan.
Pemungutan suara ini selesai pada pukul 11.00 WIB, dan dilanjutkan dengan agenda penghitungan surat suara hingga pukul 12.30 WIB. Sebanyak 570 suara telah disalurkan oleh siswa manpaba.
Dari hasil perhitungan suara, keempat paslon masing-masing meraih suara untuk nomor urut 1 sebesar 107 suara atau 18,77%, paslon nomor urut 2 memperoleh 124 suara atau 21,77%, paslon nomor urut 3 memperoleh 205 suara atau 49,43%, sedang paslon nomor urut 4 memperoleh 88 suara atau 14,15%. Untuk surat suara yang dinyatakan tidak sah sebanyak 46 buah atau 8,15%. Hasil perhitungan suara ini memenangkan pasangan nomor urut 3 M. Rifqi dan Tri Septian.
Berdasarkan hadil tersebut, pada hari ini Senin (9/9) KPPO menetapkan bahwa pasangan nomor urut 3 M. Rifqi – Tri Septian adalah ket OSIS terpilih periode 2013/2014 yang sah melalui keputusan ketua KPPO nomor 05/KPPO/MANPABA/2013 tentang penetapan hasil perhitungan suara pemilihan pengurus OSIS periode 2013/2014.
Selanjutnya selama satu pekan kedepan ketua dan wakil ketua OSIS diberikan kesempatan untuk menyusun kepengurusan atau kabinetnya, dan setelah tersusun sesuai dengan struktur yang ada, maka pada hari senin (16/9) mendatang akan dilakukan pelantikan bersamaan dengan pelantikan organisasi kegiatan ektrakurikuler yang ada di manpaba.
Kepala Madrasah Hazdi, S. Pd mengucapkan terima kasih kepada panitia dalam hal ini adalah KPPO manpaba yang telah bekerja dengan baik, sehingga proses pemilihan umum siswa ini telah berjalan dengan sukses. Ini adalah pembelajaran politik bagi anak-anak di madrasah, suatu saat nanti kalian semua akan berada di masyarakat, ilmu ini setidaknya bisa menjadi bekal bagi anak-anak, terutama penyelenggara kegiatan ini, ungkap Hazdi.
Sementara itu Pembina OSIS manpaba Lusi Suryadi, S. Pd ketika menyaksikan proses perhitungan suara ini mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh siswa manpaba ini mirip sekali dengan system pemilu yang ada di Indonesia, dimana ada Komisi Penyelenggaranya, kompanye terbuka, dan proses pemungutan suara mirip sekali dengan yang ada di TPS pada pemilu di Negara kita, ujarnya.(LS).