Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Senin, September 23, 2013

KELAS 12 MANPABA GUNAKAN SOFTWARE IKNSCAPE DAN GIMP BELAJAR DESAIN GRAFIS

Do you want to share?

Do you like this story?



Pangkalan Balai, Humas.
Kurikulum mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MAN Pangkalan Balai (manpaba) telah direvisi sejak tahun ajaran 2011/2012 yang lalu. Kurikulum mapel TIK yang digunakan selama ini oleh sekolah di Indonesia bahan ajarnya berbasis windows, namun sejak memutuskan untuk migrasi ke open source, manpaba merubah bahan ajarnya dengan software berbasis FOSS.
Guru Mapel TIK Lusi Suryadi, S. Pd mengatakan bahwa manpaba tidak merubah kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, seperti Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada dalam silabus, karena sudah jelas isi dari kurikulum TIK tersebut tidak disebutkan nama software yang harus digunakan, ujarnya.
Lanjutnya, didalam kurikulum disebutkan bahwa software yang digunakan untuk belajar antara lain, software pengolah kata, pengolah angka, pembuat presentasi, dan desain grafis. Pada system operasi open Source semua software ini tersedia. Jadi kita tinggal migrasi ke softwarenya saja.
Untuk kelas X semester 2 kita ajarkan program pengolah kata libre office writer, kelas XI semester 2 program pengolah angka libre office calc, kelas XII semester 1 program desain grafis Inkscape dan Gimp, dan kelas XII semester 2 program presentasi libre Office impress, sedangkan bahan ajarnya kita gunakan buku pelajaran yang diterbitkan oleh Kemendiknas yang bekerjasama dengan Kemenristek dan Kominfo, ujarnya.
Kepala Manpaba Hazdi, S. Pd ketika dibincangi hari ini Senin (23/9) mengenai implementasi open source ini mengatakan bahwa manpaba sejak awal telah komitmen dalam penggunaan FOSS ini, mulai dari administrasi perkantoran hingga pembelajaran di kelas. Tahun 2013 kita sudah mendapatkan penghargaan dari kanwil yaitu juara 3 MOSSA, dan ini akan tetap kita pertahankan walaupun kita tidak masuk dalam nominasi IOSA 2013 tahun ini, ungkap Hazdi.
Mengenai bahan ajar kita sudah tetapkan bahwa semuanya wajib berbahan open source, juga untuk materi yang cukup berat seperti desain grafis yang diajarkan pada kelas XII semuanya sudah kita atasi dengan menggunakan software Gimp dan Inkscape, semua perangkat computer di laboratorium computer juga suport dengan software ini, tambah Hazdi.(LS).