Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Kamis, September 19, 2013

120 SISWA MANPABA DIBEKALI LKS

Do you want to share?

Do you like this story?


Pangkalan Balai, Humas.
Sebanyak 120 orang siswa MAN Pangkalan Balai (manpaba) yang tergabung dalam kepengurusan OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan manpaba, mengikuti latihan kepemimpinan siswa (LKS). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Mushollah Ar-Rahman MAN Pangkalan Balai ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 16-19 september 2013, masing-masing angkatan I, II, dan III.
Pengurus OSIS terdiri dari 52 orang dan 68 orang pengurus ekstrakurikuler diantaranya Pramuka, Lembaga Dakwah Madrasah (LDM), Paskibra, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan Palang Merah Remaja (PMR) mengikuti pembinaan dan pembekalan kepemimpinan dari Pengurus Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Provinsi Sumatera Selatan.
Ketua Panitia Surahman, S. Pd., M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa latihan kepeimpinan siswa ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang kepemimpinan bagi pengurus OSIS baru dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler yang ada di madrasah ini. LKS ini merupakan program kesiswaan yang bertujuan untuk melatih kepemimpinan pada siswa, melatih kedisiplinan, melatih kemandirian, melatih bertanggung jawab, melatih kerjasama antar siswa dan mempererat tali silaturahmi, ujar Surahman.
Sementara itu Kepala Madrasah Hazdi, S. Pd dihadapan seluruh peserta LKS mengatakan bahwa seorang pemimpin itu memiliki tanggung jawab kepada orang yang dipimpinnya, pemimpin harus memiliki integritas dan loyalitas. Juga yang paling penting adalah seorang pemimpin harus memberikan contoh kepada orang yang dipimpinnya, jelas Hazdi.
Seorang pemimpin harus memahami hukum dasar kepemimpinan diantaranya Pemimpin harus dibangun atas dasar kepercayaan, Pemimpin mempunyai kemampuan untuk, Pemimpin cepat, tepat dan mampu membaca kecenderungan, Naluri seorang pemimpin membuat timnya menang, Pemimpin harus menyiapkan kader untuk pemimpin selanjutnya, Seorang pemimpin sejari memimpin banyak pemimpin, Hukum kehormatan pemimpin diikuti pemimpin, Seorang pemimpin menyentuh hati lalu meminta tolong, Hukum daya tarik Siapa anda sesungguhnya maka siapa yang akan mengikutinya, Pemimpin berhati-hati dalam bergaul dan memilih teman dekat, Hanya pemimpin yang mapan yang mau membagikan kekuasaannya dengan orang lain, Hukum pengorbanan jika itu untuk kepentingan orang lain maka ia rela berkorban, Pemimpin berkembang setiap hari, Leader are reader : pemimpin adalah pembaca, Leader are dreamer : pemimpin adalah pemimpi, Pemimpin harus mengevaluasi semuanya dengan intuisi, dan Hukum navigasi hanya pengemudi yang tahu arah kemudi.
“Jika kita memahami arti dan makna kepemimpinan, mudah-mudahan roda organisasi akan berjalan sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan”, tutup hazdi.(LS).