Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Rabu, Juli 10, 2013

MOS LANGKAH AWAL MENGENAL MADRASAH

Do you want to share?

Do you like this story?



Pangkalan Balai – Humas.
Memasuki tahun ajaran baru 2013/2014 MAN Pangkalan Balai (manpaba) menggelar kegiatan pengenalan lingkungan madrasah yang dikemas dalam kegiatan masa orientasi siswa (MOS), kegiatan ini digelar dari tanggal 1 hingga 6 Juli 2013. Sebanyak 205 orang siswa baru mengikuti kegiatan yang dipusatkan di kampus manpaba ini.
Untuk mengisi materi dalam kegiatan ini, panitia mendatangkan pemateri yang kompeten dibidangnya, diantaranya Polres Banyuasin dari satuan lalu lintas dan satuan narkoba untuk memberikan penyuluhan tentang tertib berlalu lintas dan penyuluhan narkoba. Untuk mendidik kedisiplinan siswa, panitia juga mengundang anggota TNI untuk mendidik kedisiplinan siswa.
Kepala Madrasah Hazdi S Pd ketika menutup kegiatan MOS ini senin (8/7) lalu mengatakan, kegiatan MOS ini merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah, dimana anak-anak diperkenalkan dengan apa-apa yang ada di madrasah ini, diantaranya peraturan madrasah, guru dan pegawai, kegiatan osis dan ekstrakurikuler di madrasah. Sehingga setiap calon siswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini.
“Untuk memasuki tempat baru tentu kita belum tahu apa yang ada di tempat itu, untuk mengetahuinya kita perlu petunjuk, begitu juga dengan madrasah ini, bagi anak-anak siswa baru untuk mengenal madrasah ini sebelum memasuki tahap belajar, mos inilah sebagai petunjuk untuk mengenal apa-apa yang ada di madrasah ini”.
Beberapa hari lalu anak-anak juga telah kami berikan materi pembinaan diantaranya dari Polres Banyuasin ada tiga materi yaitu pertama pendidikan kedisiplinan, kedua pendidikan tertib berlalu lintas, dan ketiga penyuluhan narkoba. Kemudian dari gerakan pramuka juga menghadirkan beberapa anggota TNI/Polri diantaranya dari Kodam II Sriwijaya dan Lanal Palembang. Melalui didikan dari anggota Polres Banyuasin dan TNI AD dan AL dari Palembang ini, kami berharap anak-anak memiliki jiwa disiplin yang tinggi dan tertib berlalu lintas terutama bagi yang menggunakan kendaraan bermotor ke madrasah ini, kemudian yang terpenting bagi anak-anak generasi muda penerus bangsa ini tidak akan pernah terpengaruh oleh bujuk rayu narkoba.
Menutup pengarahannya kepada madrasah mengajak seluruh peserta MOS untuk bersama-sama mengucapkan kalimat hamdallah tanda bahwa kegiatan MOS secara resmi ditutup. Penutupan MOS ini juga ditandai dengan pelepasan tanda peserta MOS oleh Kepala Madrasa.(LS).