Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Minggu, Juli 21, 2013

MANPABA GELAR BUKA BERSAMA

Do you want to share?

Do you like this story?



Pangkalan Balai – Humas.
Mensyiarkan bulan suci Ramadhan 1434 H, Gugus Depan Gerakan Pramuka MAN Pangkalan Balai (manpaba) menggelar kegiatan Buka Puasa bersama di Kampus Manpaba pada hari Sabtu (20/7) yang dipusatkan di Mushollah Ar-Rahman Manpaba.
Hadir dalam kegiatan ini diantaranya unsur pimpinan madrasah diantaranya Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Sarana, dewan guru, pengurus Kwaran Banyuasin III, Komandan Yonzikon Langkan, dan 140 orang anggota Pramuka berpangkat bantara yang baru dilantik beberapa bulan lalu.
Kepala Madrasah Hazdi S Pd dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka manpaba ini, dan kedepannya diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat terus dilaksanakan.
Kepala Madrasah juga memberikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh bantara pramuka manpaba yang beberapa bulan lalu telah dilantik, seraya menyatakan kekagumannya melihat anak-anak pramuka yang gagah mengenakan seragam lengkap seperti perwira, dan mendo’akan semoga semua anak-anak yang berada di Musholla Ar-rahman menjadi perwira.
“Pramuka ini adalah kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan bagi seluruh siswa kelas X tahun lalu, dan tahun ini juga diwajibkan bagi kelas X dan XI. Kegiatan pramuka ini banyak sekali manfaatnya bagi anak-anak, diantaranya mendidik jiwa disiplin berani dan bertanggungjawab” ungkap Hazdi.
Mengakhiri sambutannya Hazdi mengajak anak-anak untuk mendengar dan memperhatikan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Marzuki. Semoga apa yang kita laksanakan hari ini akan menjadi amal bagi kita, tutup Hazdi.
Acara yang dimulai pukul 17.15 WIB ini diisi dengan ceramah agama menjelang buka puasa yang disampaikan oleh Ustad Marzuki S Ag M Si. Dalam tausiyahnya Marzuki mengingatkan anak-anak akan pentingnya ilmu, karena dengan ilmu kita bisa mengetahui yang tidak tahu, dengan ilmu kita bisa mendapatkan uang, dan banyak hal lagi yang bisa kita lakukan dengan ilmu, jelasnya.
Lebih lanjut Marzuki mengajak agar kita lebih banyak meraih pahala di bulan Ramadhan ini. Ramadhan identik dengan bulan penuh kebaikan, setiap kebaikan yang dikerjakan bernilai ibadah seperti mendengar ceramah ketika menjelang berbuka puasa ini, dan juga amalnya ada yang dilipatgandakan Allah.
Di bulan Ramadhan ini juga terdapat suatu malam dimana Al-qur’an diturunkan yang dikenal dengan peristiwa Nuzul Qur’an dan malam Lailatul Qodar. Di dalam Al-Qur’an di jelaskan bahwa malam lailatul qodar itu adalah malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Kalau dikonversi maka 1000 bulan itu diperkirakan 83 tahun, jika kita beribadah di malam itu maka nilainya 83 tahun, apakah umur kita akan sampai kesana. Untuk itu kita gunakan umur kita untuk ibadah kepada Allah, imbuh Marzuki.
Mengakhiri tausiyahnya Marzuki menyampaikan Hadits yang artinya barang siapa yang berpuasa karena iman maka akan diampuni dosa-dosanya. Acara buka bersama ini diakhiri dengan makan bersama ketika waktu berbuka telah tiba.(LS).