Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Senin, Mei 20, 2013

MANPABA IKUTI SELEKSI AKSIOMA KABUPATEN BANYUASIN

Do you want to share?

Do you like this story?



Pangkalan Balai -  Humas.
Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin menggelar seleksi Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (aksioma) tingkat kabupaten pada hari Sabtu (18/5), seleksi ini berlokasi di kampus manpaba untuk beberapa tangkai lomba diantaranya KSM, Atletik, Bulu tangkis, tenis meja, MTQ, Kaligrafi, dan Pidato.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasi Mapenda Kemenag Banyuasin Drs Ali Hasymi MM. Dalam pengarahannya Ali Hasymi mengatakan bahwa Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, seni olahraga dan lainnya. Aksioma tingkat Nasional tahun 2013 merupakan salah satu kegiatan yang memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan otak siswa madrasah dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi serta mutu madrasah.
Kompetisi ini juga merupakan salah satu dari proses pembelajaran dan untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri. Kompetisi atau lomba ini akan memberikan kesempatan dan peluang yang sama kepada semua siswa madrasah untuk berkompetisi pada berbagai bidang terutama bidang seni dan olahraga, selain itu kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan siswa, sebagaimana tertuang pada pasal 12 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Salah satu faktor kunci untuk mengembangkan potensi peserta didik baik pada bidang pengetahuan, teknologi, olahraga, seni, bahasa, dan kecakapan, hidup lainnya, perlu ada upaya maksimal baik melalui proses pembelajaran yang bermutu maupun latihan-latihan yang kontinue dan komprehensif. Aksioma ini diharapkan dapat dijadikan ajang untuk mengembangkan potensi peserta didik pada bidang olahraga dan seni sebagai instrumen untuk mengukur kompetensi siswa dan mutu madrasah.
Lebih lanjut mantan kepala manpaba ini mengungkapkan, hasil dari kompetisi tingkat kabupaten ini nantinya akan diikut sertakan ke tingkat provinsi, selanjutnya akan akan mengikuti kegiatan ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 6 Juli 2013 yang diselenggarakan di Kota Malang, Jawa Timur.
Manpaba sebagai salah satu kontingen peserta, mengirimkan sebanyak 25 orang peserta yang tersebar pada seluruh tangkai lomba. Sebanyak 25 orang peserta yang tergabung dalam kontingen manpaba ini turut serta meramaikan bursa seleksi kontingen aksioma Kabupaten Banyuasin tahun ini.
Waka Kesiswaan Hj Rozalina S Ag selaku pendamping siswa manpaba meminta agar anak-anak dapat berjuang dengan maksimal, urusan menang itu belakangan, kalau usaha sudah maksimal mudah-mudahan ada hasilnya, yang penting apa yang di menjadi tema aksioma ini dapat terwujud yakni menumbuhkembangkan sikap sportif, kreatif/profesional dalam mewujudkan madrasah berprestasi, ujarnya.(LS).