Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Selasa, Mei 07, 2013

INFO SANTRI JADI DOKTER

Do you want to share?

Do you like this story?



SANTRI JADI DOKTER 2013
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov SUMSEL) bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, memberi kesempatan kepada putra putri terbaik Sumatera Selatan (SUMSEL) lulusan Pondok Pesantren yang mengikuti pendidikan umum SLTA sederajat (terakreditasi) atau lulusan Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta (terakreditasi) untuk melanjutkan kuliah secara gratis di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun Akademik 2013/ 2014.

PERSYARATAN
A. UMUM
1.   Calon mahasiswa yang akan diterima di FKIK UIN adalah untuk Program Studi Kedokteran, Program Studi Farmasi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, dan Program Studi Keperawatan.
2.   Lulus tes/seleksi yang dilaksanakan oleh TIM UIN dan PEMPROV. SUMSEL.
3.   Bersedia membuat dan menandatangani Surat Pernyataan:
a.   Bersedia melaksanakan Kewajiban Perkuliahan sampai tamat.
b.   Bersedia mengabdi di Kabupaten/Kota di SUMSEL selama 5 tahun (dapat diperhitungkan untuk Program Penugasan Wajib/PTT).

B. AKADEMIK
1.     Lulusan Pondok Pesantren yang mengikuti pendidikan umum SLTA sederajat (terakreditasi) atau Lulusan Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta (terakreditasi) angkatan 2012 dan 2013. Bukti terakreditasi dengan melampirkan fotokopi Sertifikat Hasil Akreditasi.
2.     Jurusan IPA dengan prestasi hasil belajar nilai rapor kelas X, XI (semester I dan II) dan XII semester I minimal 75 untuk mata pelajaran  disyaratkan (IPA), dimana khusus untuk Program Studi Pendidikan Dokter minimal 80 untuk mata pelajaran yang disyaratkan (IPA).
3.     Tiap sekolah berhak mendaftarkan siswa terbaik kelas XII yang mendapatkan rangking 1 s.d. 10 pada semester I yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah atau Ketua Yayasan,
4.     Untuk semua program studi bebas buta warna, yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak buta warna dari Rumah Sakit Pemerintah.
5.     Untuk program studi Ilmu Keperawatan, dipersyaratkan :
            a.     Tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan 160 cm untuk pria.
            b.    Bebas dari ketunaan yang dapat menghambat proses pembelajaran atau kegiatan keprofesian.
6.     Wajib dapat membaca Al-Qur`an.
7.     Calon mahasiswa hanya dapat memilih 1 (satu) Program Studi.
8.     Verifikasi administrasi dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera selatan dan Seleksi Akademis dilakukan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

C. CARA PENDAFTARAN
1.     Calon Peserta tes datang langsung (tanpa diwakilkan) pada waktu pendaftaran dengan membawa berkas:
1.1    Rapor asli kelas X, XI semester I-II dan kelas XII semester I, dan fotokopi yang dilegalisir, 2 lembar.
1.2    Semua berkas persyaratan yang diminta pada persyaratan Akademik sebagaimana tertera pada pointi B.
1.3    Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pesantren bahwa calon peserta layak mengikuti seleksi beasiswa Santri Jadi Dokter.
1.4    Menandatangani Surat Pernyataan "bersedia mengikuti perkuliahan sampai tamat" kecuali bila di drop out (DO) karena tidak memenuhi syarat akademik dan "bersedia mengabdi di Kabupaten/Kota di SUMSEL selama 5 tahun", yang ditandatangani di atas kertas bermaterai dan diketahui oleh orang tua yang bersangkutan.
1.5    Pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm, sebanyak 4 lembar.
1.6    Map warna merah untuk berkas Prodi Kedokteran, kuning untuk berkas Prodi Farmasi, hijau untuk Prodi Kesmas dan biru untuk Prodi Keperawatan.

2.     Waktu dan tempat pendaftaran mulai tanggal 6 - 17 Mei 2013, di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Jl. Kapt. A. Rivai no 47 Palembang telp/fax. 0711357897, pada hari kerja, pukul 09.00 - 15.00 WIB.
3.     Pengumuman peserta yang memenuhi persyaratan dan dapat mengikuti tes dapat dilihat pada papan pengumuman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan tanggal 24 Mei 2013, atau di Website: http://psmk-pt.com Tes/seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 30 - 31 Mei 2013 di Palembang.

D. INFORMASI PELAKSANAAN TES/SELEKSI DAN LAIN-LAIN
Hubungi Sekretariat Panitia Penerimaan Seleksi Calon Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

JADWAL KEGIATAN
1.     Masa Pendaftaran 6 - 17 Mei 2013 Panitia Pemprov. Sumsel
2.     Seleksi Berkas 20 - 23 Mei 2013 Panitia Pemprov. Sumsel
3.     Pengumuman Peserta yang memenuhi syarat mengikuti seleksi 24 Mei 2013 Panitia Pemprov. Sumsel & Tim FKIK UIN Jakarta
4.     Pelaksanaan Seleksi         30 - 31 Mei 2013 Tim FKIK UIN Jakarta
5.     Pengumuman Hasil Seleksi 3 Agustus 2013 Panitia Pemprov. Sumsel & Tim FKIK UIN Jakarta
6.     Registrasi ke FKIK UIN 5 - 23 Agustus 2013 FKIK UIN Jakarta
7.     7  Propesa 30-31 Agustus 2013  FKIK UIN Jakarta
8.     Awal Perkuliahan 2 September 2013 FKIK UIN Jakarta.