Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Kamis, Agustus 09, 2012

QORI’ HARUS KUASASI METODE SENI BACA AL-QUR’AN

Do you want to share?

Do you like this story?


Pangkalan Balai – Humas.
Rabu (8/8) kemarin bertempat di Muhsollah Ar-Rahman MAN Pangkalan Balai pada pukul 08.00 WIB telah digelar Lomba Seni Baca Al-Qur’an, lomba ini diikuti oleh 32 orang peserta yang terdiri utusan putra dan putri dari enam belas kelas yang ada di manpaba.
Dari 32 peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini nantinya akan dipilih 3 orang juara putra dan 3 orang juara putri, sebagaimana diungkapkan oleh ketua dewan juri Hj. Aswarini dihadapan seluruh peserta sebelum memulai lomba ini. Untuk itulah sebagai seorang qori’ dan qori’ah kita harus menguasai teknik-teknik dalam seni baca Al-Qur’an ini agar bacaan kita nantinya enak didengar dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Teknik pengaturan suara dalam membawakan ayat suci Al-Qur’an perlu diatur agar napas yang diambil pas untuk ayat tersebut, jika tidak maka akan terjadi kesalahan dimana ayat yang dibaca belum habis namun napas sudah habis duluan, ujar mantan qori’ah tingkat Nasional ini.
Ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan dengan suara yang indah dan lantunan yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta penguasaan dalam pengaturan napas inilah yang membuat orang yang mendengarkannya merasakan getaran dari ayat-ayat suci Al-qur’an tersebut.(LS).