Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Senin, Juni 24, 2013

HARI INI MANPABA PERINGATI ISRA’ MI’RAJ

Do you want to share?

Do you like this story?


Pangkalan Balai – Humas.
Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai (manpaba) hari ini Senin (24/6) bertempat di Mushollah Ar-Rahman Kampus MAN Pangkalan Balai, menggelar peringatan Isra’ Mi;raj 1434 H. Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI beserta bapak ibu dewan guru dan pegawai manpaba.
Kepala Madrasah Hazdi S Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Isra’ Mi’raj ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh OSIS Manpaba setiap tahunnya, kegiatan ini tentunya jangan hanya dijadikan ritualitas saja sehingga setelah kegiatan ini tidak meninggalkan bekas. Tentunya, setelah kegiatan ini anak-anak dapat mengambil hikmah dari peristiwa isra’ mi”raj ini, ungkap Hazdi.
“Sebagai orang yang beriman, kita harus mencermati peristiwa ini dan mengamalkan apa-apa yang terkandung dalam peristiwa isra’ mi”raj tersebut, salah satunya adalah perintah mengerjakan sholat, untuk itu mari kita dengarkan apa yang disampaikan oleh penceramah nanti, semoga kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk bisa kita amalkan”, tutupnya.
Sementara itu penceramah hikmah Isra’ Mi”raj Ustad Jatmika S Ag mengawali ceramahnya dengan mengajak seluruh hadirin bertasbih mengingat keagungan Allah dalam peristiwa Isra’ Mi’raj.
Sebagai hamba Allah yang beriman kita harus berpedoman kepada Al-Qur’an. Al-Qur’an tidak hanya dibaca, harus dipahami, kemudian diamalkan. Orang yang tidak melakukan tiga hal tersebut sama dengan monyet main bola, jelas guru PAI SMAN 2 Plus BA III ini.
Ustad yang pernah menimbah ilmu di Pondek Pesantren di Cipasung ini, juga mengajak anak-anak manpaba untuk mengenang kembali kejayaan umat Islam masa lalu, dimana umat Islam adalah umat yang hebat, dari segi kejayaan kerajaan, khalifah, dan Ilmu pengetauan.Sekarang keadaan tersebut berbalik jauh, umat Islam semakin mundur, hal ini karena pertama nilai-nilai ketauhidan sudah bercampur dengan kemusyrikan, kedua adanya sikap umat islam yang hanya mementingkan akhirat saja dan melupakan urusan dunia dan mementingkan urusan dunia saja serta lupa urusan akhirat, padahal Islam mengajarkan hidup ini harus seimbang.
Dalam peristiwa isra’ mi”raj ini salah satu peristiwa penting yang dialami oleh Rosulullah, adalah menerima perintah sholat. Orang yang sholat itu sendiri memiliki kriteria, pertama sholat yang khusyu’ dan kedua sholat yang lalai, ungkap Jatmika. (LS).