Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai * * * * Manpaba meraih peringkat pertama Madrasah Sehat Tingkat Provinsi dan Peringkat Kedua Lomba Satker Open Source Award (SOSA) 2013 tingkat Provinsi Sumatera Selatan * * * Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Kamis, Juni 30, 2011

Isra’ Mi’raj 1432 H di MANPABA

Do you want to share?

Do you like this story?

Pangkalan Balai-Humas.

Mahasuci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratil Muntaha, yang terjadi pada tanggal 27 Rajab. Peristiwa besar ini dikenal dengan Isra’ Mi’raj yang selalu diperingati Umat Islam di seluruh penjuru dunia. MAN Pangkalan Balai sebagai salah satu sekolah menengah atas berciri khas agam Islam, tepatnya pada tanggal 25 Juni 2011 bertempat di Mushollah Ar-Rahman MAN Pangkalan Balai yang dimotori oleh OSIS MAN Pangkalan Balai melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj 1432 H yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI.

Kepala Madrasah Drs. Ali Hasymi, MM dalam sambutannya mengatakan pertama anak-anak perlu sekali memiliki sifat jujur pada diri sendiri,terutama anak – anak yang akan naik ke kelas 12, keberhasilan akan tertunda jika kita tidak jujur, kedua bagi anak-anak yang memiliki kemampuan mempelejari satu mata pelajaran apakah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi satu saja yang kamu kuasai, silahkan diperdalamlah pelajaran tersebut untuk persiapan masuk di Perguruan Tinggi Negeri yang akan dating, ketiga kembangkan potensi dirimu untuk bekalmu setelah tamat dari aliyah ini, terutama ilmu-ilmu agama yang dapat digunakan dilingkungan masyarakat seperti tilawah al-quran, barzanji,khutbah, tahlil, dan azan. Diakhir sambutannya Kepala Madrasah mengajak mari kita mendengarkan ceramah hikmah Isra’ Mi’raj agar bermanfaat bagi kita, ungkapnya.

Dalam ceramah hikmah Isra’ Mi’raj ini penceramah Drs. KH. Muhammad Zainal yang juga guru Fiqih di MAN Pangkalan Balai mengatakan pertama sebagai orang berima harus memiliki ilmu pengetahuan agar tidak tertinggal, kedua kewajiban manusia beribadah, manusia yang tidak sholat sama dengan binatang kerbau, ketiga jadikan rosulullah contoh dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya menghadaplah kepada Allah jika menemui suatu masalah, keempat bersihkan hati dari penyakit-penyakit yang ada dalam dada sebagaimana rosul dibersihkan oleh malaikat dadanya.

Peringatan Isra’ Mi’raj ini ditutup dengan do’a kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kegiatan class meeting dan pada puncaknya penyerahan buku prestasi belajar (buku raport) di kelas masing-masing oleh wali kelas.Lusi Suryadi.